Senin, 02 Juni 2008

Sebuah cerita lucu

[ Sabtu, 31 Mei 2008 ]
Mengayomi karena Kresna, Lincah berkat Srikandi
SAAT berkunjung ke kediaman Sukaemi, kecintaan sang empunya rumah terhadap wayang begitu terasa. Di ruang tamu saja, terdapat sedikitnya tiga hiasan dinding bergambar wayang. Satu dari kulit berukuran superbesar berbentuk tokoh Werkudoro. Satu lagi berukuran agak kecil berbentuk tokoh Kresna. Lalu, ada lukisan lima tokoh yang tergabung dalam Pandawa. Sarung bantal kursi berhias gambar tokoh Srikandi.

"Iya saya memang suka sama wayang. Ini koleksinya nggak sengaja lho. Kebetulan saya lihat bagus, saya ambil dan saya pasang," kata Sukaemi lantas tertawa.

Dunia wayang bukan hal yang baru lagi karena sang ayah dulu sempat menjadi pemain kesenian Wayang Wong. Perempuan yang besar di Ponorogo itu mengaku suka dengan wayang Jawa.

"Saya suka mengambil sifat-sifat baik mereka. Misalnya dari Werkudoro, saya tiru sifatnya yang tegas dan objektif. Kalau Kresna, sifatnya suka mengayomi. Terus, saya juga suka Srikandi karena dia itu perempuan yang lincah dan energik," jelas Sukaemi sambil menunjuk hiasan dindingnya satu per satu.

Selain mengoleksi wayang, perempuan yang hobi berpetulang itu suka mengoleksi berbagai pernak-pernik dari luar negeri. Mulai asbak perunggu berhias tetenger negara seperti Singapura, Thailand atau Malaysia, sampai dengan hiasan tradisional dari Jepang. "Ini saya nggak tahu apa namanya. Tapi bagus," tuturnya sambil memperlihatkan hiasan dari bambu.

Berbagai pernik tersebut juga disumbang anak atau menantunya. "Kalau ada yang tugas ke luar negeri, ya saya dikasih. Tapi, kalau saya, biasanya pergi khusus buat liburan. Kadang ke luar negeri, kadang di wilayah Indonesia saja," ucapnya.

Kalau ke luar negeri, Sukaemi paling sering pergi bersama suami saja. Tapi, kalau dalam negeri, seluruh anggota keluarganya ikut diajak serta. "Seru kalau pergi ramai-ramai," katanya. (any/ayi)

Tidak ada komentar: